Toyota Hilux BEV
Siapa yang tak kenal Toyota Hilux di Indonesia. Mobil pikap ini tersedia dalam tipe single cabin maupun double cabin. Nah tadinya mengusung mesin bensin 2.0L dan diesel 2.4L, akhirnya Hilux kini hadir untuk pertama kalinya dalam versi listrik murni atau BEV (Battery Electric Vehicle). Sedangkan peluncuran dilakukan di Thailand, yang sekaligus menjadi basis produksi penting bagi Toyota di kawasan Asia Tenggara. Yang menarik, selain varian listrik, Hilux terbaru ada pilihan powertrain mild-hybrid, bensin, diesel, hingga hidrogen.
Alhasil menjadikannya salah satu lini mobil double cabin dengan varian paling lengkap di segmennya.
Hilux generasi kesembilan ini ditawarkan dalam dua konfigurasi bodi, kabin tunggal dan kabin ganda.
Punya dimensi panjang 5,320 mm, lebar 1,855 mm, tinggi 1,800 mm dan wheelbase 3,085 mm.

Interior Toyota Hilux BEV
Sekedar informasi untuk varian kabin ganda hanya akan dijual di Eropa dan Australia, sementara pasar Asia, termasuk Thailand dan kemungkinan besar Indonesia hanya dibagi varian single cabin.
Pikap Toyota Hilux BEV ini pada sektor eksterior lebih berotot dan modern. Fascia lebih bersudut.
Logo oval khas Toyota kini digantikan tulisan besar di tengah grille tertutup ciri khas mobil listrik.
Lalu lampu depan dengan desain ramping dengan wajah futuristik yang lebih fresh.
Lanjut ke bagian samping terdapat pijakan samping yang didesain ulang memperkuat kesan fungsional. Sedangkan pijakan dek belakang baru untuk akses lebih mudah ke bak muatan.
Sementara di buritan, pintu belakang kini menampilkan logo "TOYOTA", lengkap dengan lampu rem ketiga yang menyatu di atas gagang pintu.

Toyota Hilux BEV
Masuk ke kabin, interiornya kini tampil modern dengan dasbor berbentuk kotak dan layar sentuh 12,3 inci yang dipenuhi banyak informasi.
Kluster instrumen digital juga berukuran 12,3 inci, dengan tombol fisik AC dan kontrol dasar tetap dipertahankan demi kemudahan penggunaan.
Setir punya desain mirip saudaranya Toyota Land Cruiser, sementara di konsol tengah terdapat tuas transmisi mungil, pemilih mode berkendara.
Terdapat ruang penyimpanan ganda di sisi penumpang. Fitur keselamatan dan kenyamanan pun lebih lengkap, mulai dari blind spot monitoring, kamera pemantau pengemudi, hingga Safe Exit Assist.
Hilux listrik (BEV) mengandalkan dua motor listrik yang ditenagai baterai lithium-ion berkapasitas 59,2 kWh.
Konfigurasi ini menghasilkan jarak tempuh sekitar 240 km (WLTP), dengan torsi 205 Nm di motor depan dan 269 Nm di belakang.

Toyota Hilux BEV
Hilux Pikap punya daya angkut maksimal mencapai 715 kilogram, sementara kapasitas towing mencapai 1.600 kilogram, angka yang masih kompetitif di kelasnya.
Toyota berencana mulai menjual Hilux listrik ini di Eropa dan Australia pada Desember 2025, disusul pasar Asia, termasuk Indonesia, pada 2026.
Untuk model yang dipasarkan di Jepang, dengan rencana versi diesel, peluncurannya dijadwalkan pada pertengahan tahun 2026.
Hadirin sekalian, Hilux baru nih!