Dunia otomotif terus berkembang dengan cepat, menghadirkan mobil-mobil yang bukan hanya canggih, tetapi juga memiliki tingkat kerumitan teknis yang luar biasa.
Beberapa mobil dirancang dengan teknologi begitu kompleks sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi para insinyur maupun teknisi yang harus memeliharanya. Sejumlah model bahkan dianggap sebagai mobil paling rumit yang pernah diproduksi, karena menggabungkan sistem mekanis, elektronik, dan fitur yang waktu itu masih sangat baru.
Pembuatan mobil canggih Nissan
Berikut VIVA rangkum dari SlashGear Kamis, 11 Desember 2025, daftar 15 mobil paling rumit dalam sejarah otomotif, berdasarkan tingkat inovasi, teknologi, dan kesulitan teknis yang membentuk reputasi mereka.
1. GMC Envoy XUV — Atap Geser yang Tak Biasa
GMC Envoy XUV diluncurkan pada awal 2000-an dengan keunikan utama berupa atap belakang yang bisa digeser secara vertikal. Mekanisme ini bukan seperti convertible biasa, melainkan seluruh bagian belakang mobil dapat membuka dan menutup secara otomatis.
Sistem rumit ini kerap mengalami masalah teknis dan dianggap sebagai salah satu desain atap mobil paling kompleks yang pernah dibuat.
2. Mazda 626 4WS — Mobil dengan Empat Roda Kemudi
Mazda menghadirkan sesuatu yang inovatif melalui sistem four-wheel steering (4WS). Teknologi ini memungkinkan roda belakang ikut berbelok untuk meningkatkan stabilitas dan kecepatan menikung. Namun, kombinasi antara mekanisme hidraulik dan elektronik membuat mobil ini dikenal sebagai salah satu eksperimen teknis paling rumit Mazda.
3. Volvo V60 T8 Polestar Engineered — Hybrid Berteknologi Tinggi
Varian ini menggunakan dua sumber tenaga: mesin bensin turbo dan supercharged, serta motor listrik. Integrasi berbagai sistem, termasuk AWD yang dikendalikan beberapa motor sekaligus, menciptakan kendaraan hybrid yang sangat kompleks, dengan performa tinggi sekaligus efisiensi energi maksimal.
4. Volkswagen Phaeton — Sedan Mewah yang Terlalu Rumit
Volkswagen Phaeton adalah proyek ambisius yang menuntut teknologi berkelas tinggi seperti sistem pendingin kabin ultra-halus dan kemampuan berkendara pada kecepatan tinggi dalam cuaca ekstrem. Fitur-fitur ini membuat sedan ini menggunakan hampir seratus paten baru, menjadikannya proyek yang “over-engineered”.
5. Toyota Celica All-Trac Turbo — Perintis Teknologi Rally
Toyota Celica
Celica All-Trac Turbo adalah salah satu mobil pertama yang memadukan mesin turbo dengan sistem AWD canggih. Kombinasi ini menciptakan mobil rally jalan raya yang sangat rumit dari sisi mekanik dan elektronik, terutama pada era 1980-an dan 1990-an.
6. Lamborghini LM002 — Supercar dalam Tubuh SUV
Dikenal sebagai "Rambo Lambo", LM002 memakai mesin V12 dari Lamborghini Countach yang dipadukan dengan sistem 4WD dengan beberapa diferensial lock. Teknologi supercar yang dipasang pada SUV membuatnya salah satu kendaraan paling rumit di masanya.
7. Dodge Stealth R/T Turbo — Sportcar Penuh Teknologi
Mobil ini menggabungkan twin-turbo, AWD, four-wheel steering, dan suspensi aktif. Banyaknya teknologi dalam satu paket membuat Stealth R/T Turbo sangat kompleks, bahkan dianggap mendahului zamannya.
8. Buick Reatta — Coupe Canggih Era 80-an
Buick Reatta hadir dengan perangkat elektronik canggih seperti layar sentuh CRT dan sistem kontrol transmisi elektronik. Teknologi ini terlalu maju untuk masanya, dan kerumitannya membuat pemeliharaannya menjadi tantangan besar.
9. Porsche 911 Targa (993) — Atap Targa Mekanik yang Rumit
Model ini menggunakan tiga motor listrik untuk mengoperasikan atap kaca besar yang bisa meluncur ke belakang. Mekanismenya menjadi salah satu yang paling rumit dalam sejarah Porsche, hingga membutuhkan buku manual tersendiri untuk perawatan.
10. Mercedes-Benz S600 (W220) — Teknologi Premium di Awal 2000-an
S-Class generasi W220 dilengkapi dengan sistem Active Body Control, suspensi udara Airmatic, dan elektronik canggih. Banyaknya modul dan sensor membuatnya dikenal sebagai sedan premium paling rumit pada awal 2000-an.
11. Nissan GT-R — Supercar Jepang yang Sangat Kompleks
Mobil supercar terbaru dari Nissan bernama GT-R 2024
GT-R terkenal dengan sistem AWD termaju, transaxle dipasang di belakang, serta kontrol elektronik performa tinggi. Kombinasi ini membuatnya stabil pada kecepatan ekstrem sekaligus menjadi salah satu mobil paling kompleks yang pernah dibuat Jepang.
12. Lexus LFA — Teknologi Serat Karbon dan Mesin V10
LFA memadukan body serat karbon, mesin V10 buatan tangan yang mampu berputar sangat cepat, dan sistem aerodinamis aktif. Pengembangannya membutuhkan teknologi baru yang membuatnya sangat rumit untuk diproduksi.
13. Infiniti QX50 — Mesin Turbo Rasio Kompresi Variabel
QX50 adalah mobil pertama yang menggunakan variable compression turbo engine, sebuah teknologi yang dapat mengubah rasio kompresi mesin secara mekanis. Inovasi ini sangat maju, namun membuat struktur mesinnya lebih kompleks dibanding mesin turbo biasa.
14. DeLorean DMC-12 — Ikon yang Rumit Secara Struktur
DeLorean DMC-12
Selain pintu gullwing yang membutuhkan sistem engsel khusus, bodi stainless steel yang digunakan DMC-12 membuat proses produksi dan perbaikan sangat menantang. Materialnya sulit dibentuk dan memperburuk biaya perawatan jangka panjang.
15. Mustang GTD — Gabungan Teknologi Balap dan Jalan Raya
Mustang GTD hadir dengan komponen serat karbon, sistem aerodinamika aktif, dan suspensi unik ala mobil balap. Integrasi teknologi tersebut membuatnya menjadi salah satu muscle car paling rumit yang pernah dibuat Ford.
Mobil-mobil ini bukan hanya kendaraan biasa mereka adalah hasil dari eksperimen, inovasi, dan ambisi besar para produsen untuk mendorong batas teknologi. Kompleksitas yang mereka miliki mencerminkan kemajuan industri otomotif serta tantangan dalam menciptakan kendaraan yang lebih cepat, aman, dan canggih.