Konsentrasi Daihatsu Rocky Hybrid Masih di Kota Besar

Daihatsu, Rocky Hybrid, Daihatsu Rocky, Konsentrasi Daihatsu Rocky Hybrid Masih di Kota Besar

Penetrasi Daihatsu Rocky Hybrid di pasar nasional saat ini masih terkonsentrasi di kota besar, khususnya wilayah yang menjadi lokasi pameran otomotif Daihatsu.

Pola tersebut sejalan dengan strategi pemasaran yang masih mengandalkan kehadiran langsung konsumen pada ajang auto show.

Marketing and Customer Relation Division Head PT Astra International Tbk–Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Tri Mulyono, mengatakan bahwa minat terhadap Rocky Hybrid memang belum merata di seluruh daerah termasuk di Bitung, Sulawesi Utara.

Daihatsu, Rocky Hybrid, Daihatsu Rocky, Konsentrasi Daihatsu Rocky Hybrid Masih di Kota Besar

Daihatsu Rocky Hybrid

“Kalau di sini (Bitung-Manado) kebetulan pemesanannya masih belum terlalu banyak," kata Tri di Bitung, Sulut, Sabtu (13/12/2025).

"Secara nasional, SPK (surat pemesanan kendaraan) Rocky Hybrid baru sekitar 500 unit. Kondisi ini banyak dipicu oleh aktivitas auto show yang kami lakukan,” ujar Tri.

Ia menjelaskan, rangkaian pameran menjadi faktor utama yang mendorong permintaan, karena konsumen dapat melihat langsung produk yang ditawarkan.

“Kebetulan rangkaian pameran tersebut dimulai dari GIIAS Jakarta, kemudian GIIAS Regional, dan kemarin juga ada GCAW,” kata Tri.

Dengan kondisi tersebut, pemesanan Rocky Hybrid masih didominasi dari kota-kota yang menjadi tuan rumah pameran.

Daihatsu, Rocky Hybrid, Daihatsu Rocky, Konsentrasi Daihatsu Rocky Hybrid Masih di Kota Besar

Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid di Bandung

“Jadi, pemesanan memang masih terkonsentrasi di kota-kota tempat kami menggelar event,” ucapnya.

Meski demikian, Tri menyebut ada juga konsumen yang melakukan pemesanan meski belum melihat unit secara langsung.

“Namun, tidak menutup kemungkinan ada juga demand dari konsumen yang belum melihat unitnya secara langsung, tetapi sudah ingin memesan, meski jumlahnya sangat sedikit,” ujarnya.

Menurut Tri, pengalaman melihat unit secara langsung hingga menjajalnya menjadi kunci dalam mendorong minat beli kendaraan.

Daihatsu, Rocky Hybrid, Daihatsu Rocky, Konsentrasi Daihatsu Rocky Hybrid Masih di Kota Besar

Daihatsu Rocky Hybrid

Umumnya, pemesanan datang ketika kami mengadakan event secara offline, di mana konsumen bisa melihat langsung unitnya dan melakukan test drive,” kata dia.

Seperti diketahui, Daihatsu Rocky Hybrid diperkenalkan dan mulai dipasarkan di Indonesia pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Jakarta, Juli lalu.

Sejak saat itu, distribusi dan penetrasinya dilakukan secara bertahap, seiring dengan kehadiran unit display dan aktivitas pameran di berbagai daerah.

Dalam segala situasi, KOMPAS.com berkomitmen memberikan fakta jernih dari lapangan. Kirimkan Apresiasi Spesial untuk mendukung Jurnalisme. Berikan apresiasi sekarang

About Top Car News Network

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.